Bingung Karena Laptop Cepat Rusak? Ini Dia Solusi yang Tepat Agar Laptop Tetap Awet

Jika Anda merasa laptop sering mengalami masalah, bisa jadi ada cara yang salah ketika menggunakan laptop yang tidak Anda sadari. Seperti kesalahan ketika merawat laptop. Laptop menjadi alat yang bisa membantu pekerjaan ataupun tugas. Sudah seharusnya laptop mendapatkan perawatan yang bagus. Sebenarnya merawat laptop bukanlah hal yang terlalu sulit, jika Anda mengetahui cara yang tepat.

Tips Laptop Awet

Jika Anda masih bingung bagaimana cara merawat laptop yang tepat, berikut terdapat beberapa cara yang bisa dicoba :

Tidak menyalakan laptop di atas kasur

Banyak sekali pengguna yang menyalakan laptop di atas kasur. Jika Anda termasuk yang melakukannya, maka laptop bisa lebih cepat rusak. Karena ternyata menaruh laptop di atas permukaan yang bertekstur empuk akan membuat sirkulasi udara pada bagian bawah laptop menjadi terhambat.

Ketika udara pembuangan yang panas menjadi tertahan karena adanya kasur ataupun bantal, udara akan kembali masuk ke dalam laptop.  Laptop akan menjadi lebih cepat panas daripada biasanya.

Lebih baik Anda meletakkan laptop di atas permukaan yang rata, sehingga nantinya sirkulasi udara akan berjalan lebih lancar.

Berikan Laptop Waktu Untuk Istirahat

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan istirahat, laptop juga membutuhkannya. Walaupun laptop adalah sebuah alat, bukan berarti Anda dapat menggunakannya secara terus menerus. Laptop butuh istirahat untuk mendinginkan komponen yang ada di dalamnya. Laptop berbeda dengan komputer meja yang bisa digunakan selama 24 jam tanpa henti.

Komponen yang ada dalam laptop ternyata berbeda dengan yang ada pada komputer. Komponen pada laptop didesain tidak untuk bekerja dalam waktu yang panjang dan nonstop. Jika Anda telah menggunakan laptop selama 3-4 jam, maka lebih baik berikan waktu istirahat selama 15 hingga20 menit.

Jika Anda yang menggunakan laptop saja perlu untuk beristirahat, begitu pula dengan laptop bukan?

Tidak meletakkan minuman dekat dengan laptop

Ketika bekerja dengan menggunakan laptop, tentu tubuh harus tetap diisi dengan cairan dan makanan agar bisa terus menjaga fokus dalam bekerja.  Namun meletakkan minuman dekat dengan laptop ternyata berbahaya. Karena jika tanpa sengaja tangan menyenggol gelas, maka isi gelas akan tumpah ke atas laptop. Tentunya hal ini akan membuat laptop Anda rusak.

Maka dari itu, ketika bekerja menggunakan laptop, lebih baik letakkan gelas dengan jarak yang agak jauh dari laptop. Misalnya satu langkah dari laptop. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya tumpahnya air dari gelas ke atas laptop. Ketika air masuk ke dalam laptop yang berisi komponen yang dialiri listrik, maka akan terjadi hubungan arus pendek yang mengakibatkan laptop menjadi rusak.

Rutin mengisi baterai laptop walaupun jarang dipakai

Bisa jadi Anda tidak memakai laptop dalam waktu yang lama. Walaupun tidak digunakan, jangan sampai Anda lupa untuk mengisi baterai. Ini menjadi salah satu cara merawat laptop agar baterai tidak cepat rusak. Karena baterai yang ada pada laptop, ternyata akan berkurang kapasitasnya walaupun tidak digunakan. Jadi, lebih baik baterai dilepas, jika memang berniat tidak akan menggunakannya dalam waktu yang lama.

Mengisi ulang baterai dengan rutin juga bisa mencegah kondisi laptop menjad lembab. Ketika laptop dicharge maka akan muncul hawa hangat yang dapat menghalau timbulnya jamur. Maka dari itu, rutinlah dalam mengisi ulang baterai sekitar 2 hingga 3 minggu sekali ketika laptop jarang digunakan.

Itu dia beberapa tips untuk merawat laptop. Sebenarnya tidak sulit untuk merawat laptop, yang terpenting Anda mengetahui cara-caranya dengan tepat. Jika Anda ingin mengetahui info lain masih berkaitan dengan laptop bisa mengeceknya di website http://gadgetletic.com/. Ada banyak informasi menarik yang akan menambah pengetahuan Anda seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *