Berikan Bubur Tim Karena Bagus Untuk Pencernaan Bayi

Makanan pendamping ASI apa yang bunda berikan setiap hari? Umumnya, para ibu memberi bubur kepada si kecil. Alasannya sederhana. Bayi suka sekali dengan bubur. Selain itu, cara membuat bubur juga relatif mudah. Hanya perlu 10 menitan saja sudah jadi.

Akan tetapi, pernahkah bunda memberikan MPASI berupa bubur tim bayi 8 bulan? Mungkin bunda sudah. Atau jangan-jangan tidak pernah?

Makanan Pendamping ASI

Banyak orang tua yang tidak mau memberikan bubur tim. Alasannya, ribet untuk membuat bubur tim. Prosesnya pun cukup lama.

Dan apa yang terjadi? Sering kali bayi mengalami masalah perut. Bukan karena bahan makanannya kurang bersih atau alat makan kurang higienis. Ternyata, masalah tersebut disebabkan oleh bubur yang diberikan.

Beda lho bubur tim dengan bubur yang diaduk langsung.

Mengapa Harus Bubur Tim?

Orang dahulu selalu membuat nasi dengan cara di tim, bukan dengan menggunakan rice cooker. Dan memang agak lama untuk membuat nasi dengan cara di tim seperti orang dulu. Beras direbus hingga menjadi nasi. Kemudian nasi di angkat dan di tim. Apa tujuannya? Agar kandungan air berkurang. Dan nasi benar-benar pulen.

Sayangnya, kebanyakan orang sekarang ini hanya memasak dengan menggunakan rice cooker. Sama seperti ketika mereka membuatkan makanan pendamping ASI berupa bubur. Tidak melalui proses tim. Dan nasi kurang pulen, kan?

Maka dari itu, beberapa tempat makan sekarang menyajikan nasi tim dengan harga yang cukup malah mengingat tidak banyak yang mau membuat nasi tim. Dan penggemarnya banyak karena nasinya lebih enak.

Begitu juga dengan bubur bayi 8 bulan. Jika bunda hanya mengaduk nasi hingga menjadi bubur, bubur kurang enak. Kandungan airnya sangat banyak. Beda jika bubur ditim terlebih dahulu.

Dan apa akibatnya? Ketika bubur di tim, maka bubur benar-benar matang. Dan ini bagus untuk sistem pencernaan bayi. Bahkan, bayi butuh makanan yang matang seperti ini agar sistem pencernaan tidak terganggu.

Dan satu lagi. Jika bubur di tim, maka teksturnya sedikit lebih lembut. Ini akan membuat bayi lebih mudah untuk mengunyah bubur tersebut.

Jadi, sudah tahu kan mengapa sebaiknya bunda membuatkan bubur tim bayi 8 bulan? Tentu bukan hanya sekedar bubur saja. Bunda harus buatkan bubur sebagai MPASI sesuai dengan kebutuhan. Jika ternyata berat badan si kecil di bawah normal, bunda harus berikan MPASI spesial untuk menaikkan berat badan bayi.

Menu MPASI Bubur Tim Spesial

Tunggu dulu ya bunda. Bunda tidak boleh terburu ke dapur lalu buat bubur tim begitu saja. Bunda harus tahu resep MPASI bubur tim yang spesial.

  • Nasi Tim Manis

Lho kok bisa? Tentu saja bisa. Rasa manis ini karena ada campuran labu kuning. Biasanya, bayi bosan dengan bubur tim yang rasanya hambar. Sementara, bunda tidak disarankan menambahkan bumbu atau gula ya. Maka, tambahkan saja labu kuning agar rasa manisnya alami.

  • Nasi Tim Keju

Selain labu, bunda juga bisa coba tambahkan keju. Ini menjadi salah satu variasi saja.

  • Nasi Tim Wortel

Ada kandungan beta karoten. Dan kandungan ini penting karena ada efek antioksidan. Namun, jangan langsung campurkan begitu saja ya bunda. Wortel harus dihaluskan dulu dengan menggunakan blender baru kemudian dicampurkan ke dalam bubur.

Nah, sekarang bunda sudah punya banyak pilihan menu MPASI untuk bayi 8 bulan. Untuk hari ini, makanan pendamping ASI apa yang akan bunda siapkan untuk si kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *